Kesehatan

RS Unud Gelar Simposium B-CELL ke-5, Cegah Penyakit Alergi dan Autoimun

 Sabtu, 29 Juni 2024 | Dibaca: 198 Pengunjung

(Kiri-kanan) Ketua Panitia Simposium, dr. Komang Ayu Witarini, Sp.A (K); Dirut RS Unud, Prof. Dr. dr. Dewa Putu Gede Purwa Samatra, Sp.N (K); dan Dr. dr. Sari Wulan Dwi Sutanegara, Sp.THTBKL (K) Ketua Peralmuni Bali, pada Sabtu (29/6/2024) di FK Unud.

www.mediabali.id, Denpasar. 

Simposium Bali Communication of Allergy and Immunology (B-CELL) ke-5 digelar Perhimpunan Alergi Imunilogi Indonesia (Peralumni) Bali dan Rumah Sakit Universitas Udayana (RS Unud).

Di dalam simposium B-CELL ke-5, melibatkan para peserta untuk melawan penyakit alergi dan autoimun melalui studi komperhensif dengan tajuk 'Comprehensive Management of Allergy and Autoimmune Diseases'.

Ketua Panitia B-CELL 2024, dr. Komang Ayu Witarini mengatakan simposium digelar menjadi agenda rutin yang dilakukan Peralumni Bali. Menariknya, pada simposium yang ke-5 digelar ini bekerja sama dengan RS Unud. 

Simposium ini memperoleh antusiasme dari para peserta, mereka banyak belajar ilmu baru, terutama studi medis penanganan penyakit alergi dan autoimun. 

"Kami mengadakan kerja sama tahun ini dengan RS Unud, di mana tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan bagi para tenaga medis atau kesehatan. Bagaimana penanganan tepat untuk penyakit alergi dan autoimun. Acara sharing ilmu ini dihadiri sebanyak 150 orang peserta, yang hadir rata-rata adalah dokter spesialis, ada juga perawat dan bidan mengikuti simposium ini," ujar dr. Ayu Witarini, Sabtu (29/6/2024) di Gedung FK Unud, Jalan PB Sudirman, Denpasar.

Sementara itu, Ketua Peralmuni Bali, Dr. dr. Sari Wulan Dwi Sutanegara menuturkan melalui B-CELL Symposium 2024, seluruh peserta memperoleh info terbaru soal perkembangan ilmu alergi dan imunologi. Di sini terbagi menjadi 4 sesi acara, yakni plenary lecture, simposium I, simposium II dan simposium III membahas berbagai topik lanjutan seputar ilmu kesehatan imunologi dan alergi.

"Melalui simposium banyak yang dibahas, di antaranya soal penelitian-penelitian imunologi. Di sini juga mencakup bahasan penanganan vaksinasi," ucapnya.

Senada diutarakan Dirut RS Unud, Prof. Dr. dr. Dewa Putu Gede Purwa Samatra menerangkan bahwa ia mengapresiasi acara simposium yang digelar. Harapannya melalui pelaksanaan B-CELL Symposium 2024 mampu memberikan dampak positif, membangun pilar kehidupan sehat dan sejahtera masyarakat di Bali.

"Kami sangat berterima kasih dapat mengikuti kerja sama dengan berbagai pihak. Seperti seminar kali ini, dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Peralumni. Tentunya kami harapkan banyak ilmu yang bisa diserap peserta. Kami dari RS Unud sangat terbuka untuk kegiatan riset kesehatan kedepannya," tandasnya. 012

 


TAGS :