Pendidikan

Lulusan Bersertifikasi Profesi Siap Kerja, SMK Pandawa Bali Global Abiansemal sebagai Role Model di Kabupaten Badung

 Rabu, 28 September 2022 | Dibaca: 518 Pengunjung

SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, Badung, menjadi prioritas dalam role model lulusan tenaga yang tersertifikasi dan siap kerja, Rabu (28/9/2022)

www.mediabali.id, Badung. 

Komitmen meningkatkan lulusan dengan tersertifikasi dan siap kerja merupakan kebutuhan di era informasi dan teknologi di tanah air. Hal ini membuka peluang generasi muda dengan kualitas individu yang mumpuni.

SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, Badung, menginisiasi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten dan tersertifikasi di masa depan, melalui 'Pencanangan SMK Pandawa Bali Global Abiansemal sebagai Role Model SMK dengan Lulusan Siap Kerja oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung'. 

Prioritas bidang diantaranya; Perhotelan, akuntansi dan tata boga. SMK Pandawa Bali Global Abiansemal juga mempersiapkan 60 sertifikasi gratis dari BNSP di Tahun 2022. Tenaga kerja dengan sertifikasi dari SMK ini mulai banyak dibutuhkan di hotel-hotel dan restoran.

“Disiapkan 60 sertifikat gratis dan sumbangsih langsung dari BNSP tahun ini, semoga tahun depan lebih banyak lagi (sertifikasi) dan juga kepentingan luar biasa untuk Badung, kita akan minta dana pusat berupa sertifikasi yang langsung diserahkan ke LSP dan SMK seluruhnya. Sebab, yang paling memungkinkan untuk bekerja sekarang adalah SMK,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung Drs. I Putu Eka Merthawan, M.Si., dalam jumpa pers di SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, Rabu (28/9/2022).

Kepala SMK Pandawa Bali Global Abiansemal Hery Nugroho, S.Pd., M.Pd., mengapresiasi atas ditunjuknya SMK Pandawa Bali Global Abiansemal menjadi role model lulusan yang tersertifikasi dan siap bekerja. Komitmen ini pula ditunjukkan atas konsistensi para pengajar untuk melahirkan siswa-siswi SMK berkompeten.

“Kami sangat bangga atas ditunjuknya SMK Pandawa Bali Global Abiansemal sebagai role model dan diharapkan kedepannya menjadi lulusan berkompeten,” ucapnya. 

Hery Nugroho menambahkan SMK Pandawa Bali Global Abiansemal dalam kurikulum 2022/2023 menanamkan 70 persen praktikum dan 30 persen teori. Di dalam meraih sertifikasi profesi, SMK Pandawa Bali Global Abiansemal telah memantapkan kesiapannya lewat uji kompetensi.

“Jadi memang kami menajamkan skill dan kompetensi siswa-siswi, dengan begitu mereka siap terserap di dunia kerja kedepannya,” tegasnya. 

Ditambahkan Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Prof. Dr. I Made Bandem, MA., lulusan SMK Pandawa Bali Global Abiansemal dibentuk siap bekerja secara profesional dan memiliki kompetensi unggul. 

“Mereka didik dan diharapkan memiliki jejaring, melanjutkan studi, atau menjadi pelaku industri usaha sebagai wirausahawan. Sinergi diharapkan dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kab. Badung, yang sudah bersedia membina dan mendorong peserta didik kami,” ujarnya. 

Ia menyinggung kesiapan SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, diharapkan pula mampu menciptakan lapangan dan tenaga kerja baru, terlebih pandemi belakangan sempat dialami masyarakat luas.

“Sertifikasi untuk siap bekerja, untuk memperoleh sertifikasi ini dibutuhkan keteladanan, pendidikan, dan keterampilan individu,” imbuh Prof. Bandem.

Wakil Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti I Made Marlowe Makaradwaja Bandem, B.Bus., berharap terjadi konsistensi sertifikasi gratis yang dikelola BNSP, untuk 60 siswa-siswi yang sudah lulus dan akan lulus di SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, yang resmi dipilih sebagai role model.

“Role model SMK Pandawa Bali Global Abiansemal siap kerja, dari awal Yayasan Widya Dharma Shanti menciptakan tenaga yang terdidik menjadi tenaga siap kerja dengan pengalaman, jejaring, dan tumbuh menjadi pelaku industri kreatif. Kami tentu juga mengapresiasi atas bantuan dari Pemkab Badung,” tandasnya. 012


TAGS :