Ekonomi

Cegah Stunting di NTT, CIMB Niaga Bantu Penanganan Makanan Bergizi

 Jumat, 21 Juni 2024 | Dibaca: 199 Pengunjung

KIRI-KANAN: Branch Manager Bali Canggu CIMB Niaga I Gusti Ayu Agung Indira Dewi; Head of Region Indonesia Timur dan Bali Nusra CIMB Niaga Ahmad S. Ilham; dan Corporate Communications Head CIMB Niaga Hery Kurniawan, Jumat (21/6/2024) dalam memaparkan langk

www.mediabali.id, Denpasar. 

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyasar dukungan sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap masyarakat yang berada di garis kemiskinan di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sekitarnya.

CIMB Niaga tidak hanya hadir membicarakan pencapaian angka selama beberapa bulan terakhir terhadap nasabahnya. CIMB Niaga bergerak memberikan layanan kesehatan dan bantuan makanan bergizi untuk mencegah malnutrisi di NTT. 

Masalah stunting dan malnutrisi di NTT, menjadi pantuan CIMB Niaga. Mereka berkomitmen mengentaskan persoalan tersebut demi terwujudnya gizi sehat bagi anak-anak di bawah umur.

CIMB Niaga mengumpulkan dana salah satunya dari OCTO Mobile, yang mana masyarakat dapat menyumbangkan lewat QRIS, dengan jumlah Rp10 ribu dan akan dikalkulasikan dengan nasabah lainnya untuk tujuan CSR. Selain itu, CSR yang sangat mulia ini juga didukung dari pihak swasta lainnya.

Corporate Communications Head CIMB Niaga Hery Kurniawan mengungkapkan sebagai bagian dari corporate citizenship, CIMB Niaga memiliki perhatian besar kepada kesehatan gizi anak dan kesejahteraan masyarakat. 

Melalui Perseroan bekerja sama dengan United Nations Children's Fund (UNICEF), mendukung upaya Pemerintah dalam upaya mencegah dan mengurangi masalah gizi buruk yang menimbulkan stunting di Indonesia, khususnya di Provinsi NTT.

"Kami sangat mendukung dan peduli terhadap masalah stunting dan malnutrisi pada anak di bawah umur, kerja sama kami dengan UNICEF. Sasaran pengentasan stunting adalah di wilayah NTT, di sana banyak anak di bawah umur mereka memerlukan gizi dan makanan yang cukup. Kami cegah jangan sampai anak-anak Indonesia mengalami malnutrisi (keseimbangan nutrisi tubuh-red)," tutur Hery, pria berkacamata ini, Jumat (21/6/2024). 

Ditambahkan Hery, tidak saja soal stunting. Ada pula program kepedulian lain terhadap lingkungan alam dari CIMB Niaga. "CIMB Niaga juga berfokus membantu melestarikan alam. Kami sudah membicarakannya sejak 3-4 tahun lalu. Kami tidak saja berbicara profit, tetapi sustainability (berkelanjutan) tentang alam di sekitarnya. Memberikan CSR, termasuk advokasi ke pemangku kepentingan. Tidak hanya slogan, tapi salah satunya kami memiliki OCTO Mobile, aplikasi ini untuk mengurangi penebangan pohon untuk bahan kertas, yaa tentu kita #savepaper (kertas)," bebernya.

Aksi kepedulian lingkungan diungkapkan Hery, untuk rajin mengajak keluarga besar CIMB Niaga dan nasabahnya untuk menanam pohon di rumah sebagai bentuk penghijauan. "One house, one tree (satu rumah, satu pohon), kalau bisa lebih banyak pohon lebih bagus," tuturnya.

Sementara itu, berbicara perkembangan bisnis perbankan. Wilayah Bali menjadi salah satu pusat perekonomian dan pariwisata Indonesia yang terus berkembang. Dari itu, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) meningkatkan layanan untuk nasabah dan calon nasabah melalui jaringan fisik dan platform digital.

Mengusung inovasi yang berbasiskan digital, CIMB Niaga konsisten meningkatkan akses dan pengalaman nasabah melalui beragam produk layanannya di Bali.

Layanan dengan basis digital akan mempermudah nasabah, terutama memenuhi kebutuhan perbankan dan finansialnya dengan fleksibel dari mana pun dan kapan saja dapat diakses.

Menurut Head of Region Indonesia Timur dan Bali Nusra CIMB Niaga Ahmad S. Ilham bahwa proses pengembangan jaringan dan kapabilitas digital CIMB Niaga di Bali mengalami peningkatan signifikan.

"CIMB Niaga aktif berkolaborasi dengan beragam komunitas dan mendukung event wisata. Salah satunya Ubud Food Festival (UFF) 2024 yang diselenggarakan oleh Yayasan Mudra Swari Saraswati," ujar Ilham.

CIMB Niaga sebelumnya aktif menghadirkan berbagai kegiatan menarik seperti apresiasi bagi nasabah CIMB Preferred melalui Wealth Xpo, edukasi bisnis UKM melalui Kejar Mimpi Lokal Berdaya, kerja sama dengan perguruan tinggi, dan meluncurkan inovasi baru kantor cabang berkonsep hybrid, yaitu Digital Branch di daerah Canggu, Badung.

“Inovasi dan kolaborasi terus kami kedepankan untuk memperluas layanan dan meningkatkan pengalaman nasabah di Bali. Kami percaya, melalui inovasi CIMB Niaga dapat mengembangkan beragam produk dan layanan yang sesuai kebutuhan nasabah. Selain itu, kolaborasi dengan berbagai pihak memungkinakan kami untuk melayani nasabah dari berbagai segmen dengan solusi keuangan yang relevan. Kami ingin terus meningkatkan layanan sehingga dapat menjadi bank pilihan nasabah di Bali,” imbuh Ilham.

CIMB Niaga memberi beragam inisiatif dan kemudahan layanan, baik melalui kantor cabang maupun kanal digital, yang berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja CIMB Niaga secara nasional. 

Pada kuartal pertama 2024, CIMB Niaga melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp2,2 triliun, naik sebesar 7,8% year-on-year (Y-o-Y), dan menghasilkan earnings per share Rp66,96.

“Melalui dukungan stakeholders khususnya para nasabah, kami dapat mengumumkan awal yang baik untuk tahun 2024. Pertumbuhan kredit/pembiayaan yang sehat dan indikator kualitas aset yang membaik menjadi dasar yang kuat bagi kami untuk terus memberikan nilai lebih. Ke depan, kami akan terus meningkatkan customer experience melalui inovasi digital. Ditunjang kemampuan sumber daya dan digital serta jaringan, kami siap menciptakan nilai jangka panjang dengan memprioritaskan kebutuhan para stakeholders dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” beber Ilham.

Selain itu, hampir 26% dari total pembiayaan Bank (atau setara dengan Rp54,8 triliun) mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG). 

Hal tersebut dibuktikan dengan terpilihnya CIMB Niaga sebagai salah satu dari tujuh bank yang mewakili komitmen industri perbankan nasional dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) Indonesia, yang ditargetkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Kami memiliki cabang di Canggu, Badung, salah satu titik ramai oleh tamu-tamu mancanegara. Di sana kami sudah siap melayani nasabah dan calon nasabah baru dengan kelengkapan yang modern dan cepat," jelas Branch Manager Bali Canggu CIMB Niaga I Gusti Ayu Agung Indira Dewi.

Dikatakan Indira Dewi, keuntungan bersama CIMB Niaga bahwa nasabah dapat memanfaatkan platform digital seperti aplikasi digital banking OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks untuk membuka tabungan, bertransaksi sehari-hari, mengelola pinjaman, hingga berinvestasi.

"Para nasabah bisnis dapat merasakan kemudahan dari layanan digital CIMB Niaga melalui BizChannel@CIMB, yang membuat berbagai transaksi bisnis menjadi lebih teratur dan efisien. Bagi nasabah merchant atau pemilik toko, CIMB Niaga juga menyediakan aplikasi OCTO Merchant, sehingga transaksi jual beli menjadi lebih praktis. Melalui pertumbuhan baik dari CIMB, nasabah akan banyak mendapat keuntungan, termasuk ada cash back, dan lainnya," ucapnya.

Untuk diketahui, layanan CIMB Niaga di Bali saat ini didukung 9 Kantor Cabang (termasuk 1 Digital Lounge dan 1 Digital Branch) dan 161 mesin ATM/CRM. Nasabah juga dapat bertransaksi di jaringan ATM berlogo Mastercard, Cirrus, ATM Bersama, dan ATM Prima yang tersebar di Bali. Melalui layanan lengkap tersebut, CIMB Niaga terus mengoptimalkan layanan untuk memberikan customer experience yang lebih baik bagi nasabah #YangUtama. 012

 

 


TAGS :